Header MCP

Harap menerapkan protokol kesehatan

PADU PADAN IPNU DAN IPPNU


PADU PADAN IPNU DAN IPPNU

Photo sumber: https://www.pengetahuan.co.id/sejarah/integrasi-nasional-adalah-sesuatu-yang-harus-dicapai-setiap-bangsa-dan-negara/

Praktek berorganisasi di IPNU dan IPPNU perlu dijabarkan secara lebih luas agar para anggota IPNU dan IPPNU paham atas tugas pokok dan fungsinya. Selama ini, IPNU dan IPPNU telah memenuhi orientasi tersebut dengan menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada. Artinya, anggota IPNU dan IPPNU hari haruslah kembali memahami makna orientasi IPNU da IPPNU. Dikatakan bahwa hal-hal yang mendasari IPNU dan IPPNU berdiri adalah orientasi Ideologi, Pendidikan, dan Sosiologi.
Dalam kondisi dimana organisasi harus menyesuaikan perkembangan zaman oleh IPNU dan IPPNU sedianya telah mengambil sikap dalam berbagai forum. Forum-forum pembahasan strategis di IPNU dan IPPNU telah sering diselenggarakan. Untuk itu, keputusan-keputusan strategis haruslah menjadi sebuah peringatan kepada seluruh anggota IPNU dan IPPNU untuk menjalankan dalam setiap tingkatan kepengurusannya.
Keputusan organisasi secara nasional ini harus kita berlakukan dalam substansi program-program yang dicanangkan dalam setiap kepengurusan di setiap tingkatannya. Kebutuhan atas implementasi keputusan strategis tersebut harus dibarengi dengan kesadaran integrasi. Kesadaran integrasi nantinya akan memicu pada posisi struktural yang semakin kuat. Dikatakan ataupun tidak, sifat kedaerahan IPNU dan IPPNu yang justru memperkecil cakupan program strategis haruslah segera diakhiri.
Artinya, program-program yang dibuat seyogyanya mendasarkan pada keputusan-keputusan tertinggi yang dilaksanakan sebelumnya. Contoh, semua program di PAC, harus menyesuaikan dengan pembahasan hasil Konferancab. Begitu seterusnya. Pun, agar terbangun juga kesamaan persepsi dalam memandang suatu program dari keputusan diatasnya.
Sifat kedaerahan yang justru mengurung IPNU dan IPPNU pada zona nyaman tidak baik untuk perkembangan organisasi. Untuk itu, jalinan komunikasi program antar Pimpinan harus segera disadari dan dimulai untuk efektifitas program strategis IPNU dan IPPNU nasional, wilayah, dan atau kabupaten.
Lantas, bagaimana dengan orientasi pelaksanaan IPNU dan IPPNU diseluruh tingkatan? Jawabannya dengan kembali membuka, membaca, dan memahami sejarah IPNU dan IPPNU dilahirkan untuk kemudian diimplementasikan. Dimana pada saat itu tengah berkembangnya paham Aswaja di hampir seluruh bangsa Indonesia, dengan dihimpunnya menjadi satu kesatuan ideologi menjadi semakin kuat untuk menyiarkan dakwah Aswaja An-Nahdliyah di tengah-tengah masyarakat. Faktor lain adalah kemunculan organisasi yang kedaerahan disatukan dalam wadah yang sama untuk membangun kesatuan prinsip dalam berjuang, dengan membekali wawasan dan skill organisasi kepada para anggotanya. Kemudian, faktor sosiologis dimana IPNU dan IPPNU harus mengambil peran untuk membantu menyukseskan cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa, serta mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. (Kang Pand/Komplit)

Posting Komentar

0 Komentar