Yuk Cegah, Jangan Sampai Terjajah!

Virus Corona atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) merupakan jenis virus yang dapat menyerang manusia...




Virus Corona atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) merupakan jenis virus yang dapat menyerang manusia dan hewan. COVID-19 sendiri merupakan sebuah virus jenis baru yang pertama kali muncul dan ditemukan di daerah Wuhan, Provinsi Hubei, China pada tahun 2019.
Penyebab dari wabah ini adalah coronavirus jenis baru atau yang disebut dengan istilah novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Perlu kita ketahui bahwa penyakit ini adalah termasuk dalam golongan virus yang sama dengan virus penyebab SevereAcuteRespiratorySyndrome (SARS) dan MiddleEastRespiratorySyndrome (MERS).
Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa, lansia, remaja, anak-anak, bahkan balita dan bayi juga dapat terserang virus tersebut.Perlu adanya upaya dari setiap orang untuk mengenali gejalaCOVID-19, sehingga setiap dari kita diharapkan mampu meminimalisirpenyebarannya. Selain kita dapat melindungi diri sendiri, diharapkan kita juga bersedia untuk mengajak orang lainsupaya tetap patuh dalam menjalankan upaya agar orang-orang di sekitar juga senantiasa dalam keadaan aman.
Gejala COVID-19 pada umumnya adalah :
1.      Demam 38°C
2.      Pilek
3.      Batukberdahak bahkan sampai berdarah
4.      Sakit tenggorokan
5.      Sakit kepala
6.      Nyeri dada
7.      Kesulitas bernapas (gejala yang paling parah)
Ketika kita telah melakukan perjalanan / bepergian, dan 14 hari setelahnya mengalami gejala-gejala tersebut, diharapkan untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit rujukan, guna mengetahui bagaimana kondisi tubuh kita. Sebab, deteksi dini dapat menekan angka penularan sebuah penyakit atau virus.
Catatan yang paling penting, meskipun kita tidak mengalami gejala yang signifikan, tetapiupaya untuk mencegah penyebaran virus juga sangat perlu dilakukan. Menjaga kesehatan adalah kewajiban kita.
Upaya preventif (pencegahan) yang dapat dilakukan adalah
1.      Rajin mencuci tangan
Sebelum makan, setelah makan, setelah dari toilet, setelah memegang binatang, setelah bepergian, setelah beraktifitas, jangan lupa untuk cuci tangan. Jika sebelumnya hal ini adalah sepele untuk dikerjakan, maka tanamkan mulai sekarang, bahwa memulai dari hal kecil akan membawa dampak besar bagi kita.
2.      Mempertahankan pola hidup sehat
Upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan cara memperhatikan asupan makanan (makan teratur, memilih makanan yang bergizi dan seimbang, tidak memakan makanan cepat saji, tidak banyak mengonsumsi makanan berminyak). Selain itu kita juga harus memperhatikan pola istirahat. Tubuh yang memiliki istirahat cukup, maka akan memiliki daya imun tinggi, beristirahatlah 7-8 jam sehari. Selain itu, hindari pola hidup yang merugikan banyak orang, misalnya merokok. Asap rokok berbahaya bagi paru-paru. Terlebih lagi, paru-paru sangat mudah terinfeksi oleh virus jika kita tidak mau merawatnya. Selanjutnya, posisikan pola pikir kita untuk selalu berpikir positif. Karena emosional akal dan hati mampuberperandalam memperkuat daya tahan tubuh manusia.
3.      Menjaga kebersihan lingkungan
Virus bersarang dimanapun, di tempat umum, sekolah, rumah, dan setiap sudut yang dapat dijangkaunya. Kita terkadang tidak menyadari betapa mudah sebuah virus menempatkan dirinya. Maka, mulai saat ini, bijaklah dalam beraktifitas. Kebersihan lingkungan harus kita jaga.
4.      Mengurangi aktivitas di keramaian
Beraktifitassecara wajar, hal-hal yang tidak perlu dilakukan sebaiknya dihindari. Budaya nongkrong misalnya. Untuk sementara, “socialdistancing” memang penting. Bukankah mencegah suatu keburukan lebih baik dari pada mengobati?
5.      Senantiasa beristighfar dan berdoa kepada Allah SWT, agar kita semua diberikan perlindungan
Sekali lagi, ‘COVID-19 dapat dikalahkan dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh'. Dalam situasi yang seperti saat ini, kita seharusnya tidak cemas / khawatir secara berlebihan. Karena, ketika seorang manusia mengalami masa ‘cemas’, maka adrenalin dalam tubuh akan meningkat, dan ini dapat menimbulkan daya tahan tubuh menurun secara perlahan dan mudah terserang virus.
Semoga kita semua diberikan perlindungan.

Semoga yang saat ini berjuang melawan virus tersebut, segera disehatkan.
Semoga bumi segera kembali dalam keadaan stabil dan aman.
Save Healt, Save Eart.
Penulis : wardatul

COMMENTS

Nama

agenda,12,anak kecil,2,artikel,33,cerita,4,cerpen,6,dakwah,2,doa,1,educare,1,hot,1,Ipnu,11,ippnu,9,kisah,2,konseling,2,kyai,7,literasi,7,lkp,3,madrasah,1,Munajat,1,News,65,opini,3,pelita,2,pesantren,5,puisi,20,puisi news,1,relawan,1,rengkuh literasi,1,Sejarah,11,sekolah,3,Teman,1,terkini,1,update,55,video,1,
ltr
item
Pelajar NU Ponorogo: Yuk Cegah, Jangan Sampai Terjajah!
Yuk Cegah, Jangan Sampai Terjajah!
https://1.bp.blogspot.com/-Jnt2b7rTbTQ/XndO15Wf24I/AAAAAAAAAHM/uTy7HUHdNcA_LD4NLRpbZCBzpT8V8AzwACLcBGAsYHQ/s320/covid.png
https://1.bp.blogspot.com/-Jnt2b7rTbTQ/XndO15Wf24I/AAAAAAAAAHM/uTy7HUHdNcA_LD4NLRpbZCBzpT8V8AzwACLcBGAsYHQ/s72-c/covid.png
Pelajar NU Ponorogo
http://www.pelajarnuponorogo.com/2020/03/yuk-cegah-jangan-sampai-terjajah.html
http://www.pelajarnuponorogo.com/
http://www.pelajarnuponorogo.com/
http://www.pelajarnuponorogo.com/2020/03/yuk-cegah-jangan-sampai-terjajah.html
true
6845738889760422038
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy