Header MCP

Harap menerapkan protokol kesehatan

JANGAN HANYA REBAHAN, MENJADI PRODUKTIF ADALAH PILIHAN



Hallo pelajar keren, Gimana nih kabar kalian dihari kedua puasa Ramadan tahun ini? Tentu masih semangat kan? ngomong-ngomong puasa ditengah pandemi kalian jadi semakin produktif atau hanya kegiatan pasif, kaya Rebahan, Nahan laper, Ngeluh sama tugas online, atau cuma scrool sosial media sambil sesekali ngintip akun doi. Menjadi produktif adalah pilihan punya rutinitas pasif yang negatif tidak untuk terus-terusan. Terimakasih telah membaca tulisan ini, artinya anda adalah orang yang produtif, nah selamat anda akan mendapat tips-tips jadi diri produktif dibulan ramadan, disimak ya :
1. Mengorek Masalalu

Perihal mengorek masalalu, jangan salah faham ya. maksudnya disini adalah mengevaluasi diri. Coba kita tengok ramadan tahun lalu, sudahkah kita menyelesaikan target yang kita buat? seperti, Membaca Al Quran, Hafalan Al Quran, Sedekah, Shalat trawih dengan khusyu' dan banyak lagi. Tentu masih ada kan target yang tidak tercapai, dan kali ini kita masih diberi kesempatan oleh Allah untuk memperbaiki diri dari tahun sebelumnya. Hingga tercapai ramadan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Karena kita sudah tahu penyebabnya, kenapa sih target kita tahun lalu belum tercapai?
Setelah mengorek masalalu kita bisa mencoba yang dibawah ini,

2. Membuat proposal perencanaan

Proposal perencanaan? Iya bener banget kaya mau bikin kegiatan ya, ya karena perencanaan sangat penting lho, itu merupakan salah satu proses tahapan peningkatan produktivitas dimana suatu proses menentukan hal-hal yang ingin dicapai  serta menentukan berbagai tahapan yang diperlukan untuk mencapai tujuan  pada bulan ramadan kali ini.
      Mari kita buat proposal perencanaan untuk kegiatan amalan di bulan ramadan. Proposalnya simpel berisi daftar kegiatan yang prioritas, daftar aktivitas harian sesuai  kesepakatan dengan diri kita sendiri. Bikin juga tulisan dan goal yang ingin dicapai di bulan ramadan kali ini.

3. Bangun Strategi Produktif

Setelah kita mengorek masalalu, membuat proposal perencanaan, kini saatnya kita bamgun strategi untuk menjadi diri yang produktif, Kita bisa memulai dengan
●Melaksanakan skala prioritas dari daftar yang sudah dibuat dalam proposal.
●Mencari Soulmate atau teman yang dapat mendukung Goal kita bisa oramgtua, adik/kakak serta sahabat.
●Membuat target yang realistis disesuaikan dengan kemampuan dari list yang kita buat.
●Membuat aktivitas lebih fun dan bahagia.

4. Alat dan Metode Produktif

Alat produktif  yang digunakan untuk menyusun To do list dapat  menggunakan manual atau digital yang banyak ditemukan berbagai macam template di internet. To do list dapat dibuat harian atau langsung sebulan selama bulan ramadan.
1. Membuat atau mendownload form manual to do list harian atau to do list 30 hari
2. Memasang alarm pengingat di ponsel sesuai jadwal yang ada dalam to do list harian
●Metode Produktif 3M (Menyisihkan, Menciptakan dan Mengelola) yang digunakan dalam melaksanakan ramadan produktif;
1. Menyisihkan Kebiasaan yang tidak penting seperti menghadiri ifthor/ buka bersama, sesuai himbauan pemerintah pada masa pandemic Covid 19 untuk social distancing , atau terlalu asyik mengisi waktu menonton di youtube sehingga lupa atau mengurangi waktunya membaca dan menghafal Al Qur’an.
2. Menciptakan nilai tambah dengan melakukan kebiasaan yang baik dan positif menjadi kegiatan rutin dengan waktu yang sudah disepakati. Misalkan membaca dan menghafal Al Qur'an, apa yang akan dilakukannya setelah sholat subuh dan berbagai hal positif lainnya.
3. Mengelola kebiasaan dengan konsisten, yakin, fokus dan semangat.
Yuk pelajar keren #DiRumahAja Tetap produktif tingkatkan kulitas diri pertebal iman dihati, terimakasih telah menjadi produktif dengan membaca tulisan ini.

Penulis : dewi
Editor: triono

Posting Komentar

0 Komentar