Keutamaan Puasa Rhamadhan hari 01-30

Adakahwaktu yang lebih indah dari Romadlon? Di mana kalam-Nya bebas dilantunkan bersahut-sahutan Mengudara, dan berbaris rapi meng...



Adakahwaktu yang lebih indah dari Romadlon?
Di mana kalam-Nya bebas dilantunkan bersahut-sahutan
Mengudara, dan berbaris rapi mengelilingi semesta
Adakah waktu yang lebih terjaga dari Romadlon?
_______________________________________________
Di mana sabar telah melemahkan amarah,
Sedang perasaan tak lagi mengkhawatirkan jawaban
Sebab kepastian telah tercatat pada lembah kepastian
____________________________________________
Adakah waktu yang lebih romantis dari Romadlon?
Sedang di balik segala tingkah lemahnya hamba
Pintu ampunan senantiasa terbuka dengan lebarnya
Tanpa menilik lagi siapa pengetuk yang hendak masuk
Tanpa menyela siapayang hendak berbicara serta meminta

Marhaban Yaa Ramadhan, Marhaban Yaa Syahro Shiyam. Selamat bersuka ria. Selamat bersuka cita. Siapa pula yang tidak bahagia menyambut bulan mulia ini. Bulan di mana umat Islam menunaikan ibadah puasa dan pahala ibadah dilipatgandakan.
Ramadhan merupakan salah satu bulan yang sangat dinanti-nantikan seluruh umat Islam. Bukan hanya menahan lapar dan haus saja, namun pada bulan ini kita dituntut untuk lebih banyak melapangkan sabar dan taqorrub ilallah. Bagaimana tidak, bahkan Allah telah menjanjikan kemuliaan pada bulan penuh barokah ini. Salah satunya dalam Hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah, yaitu;
كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى

Artinya:
"Seluruh amalan kebaikan manusia akan dilipatgandakan menjadi sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Ta'ala berfirman, "Kecuali puasa. Sebab pahala puasa adalah untuk-Ku. Dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Ia (orang yang berpuasa) telah meninggalkan syahwat dan makannya karena-Ku."


Sungguh mulia bukan (?). Nah, untuk menambah semangat meningkatkan kualitas diri, baik dalam ibadah amaliyah, ibadah sunnah, maupun mu’amalah, ternyata puasa Romadlon memiliki fadhillah atau keutamaan pada setiap harinya. Dlam beberapa referensi, bulan keutamaan bulan Romadlon dibagi menjadi tiga fase. Yaitu, sepuluh hari pertama, sepuluh hari kedua, dan sepuluh hari ketiga. Sebagamana hadist Rasulullah yang menyatakan bahwa “Ramadhan itu awalnya adalah rahmat, pertengahannya apunan, dan akhirnya adalah kebebasan dari api neraka”.
Mengutip dari https://www.liputanaceh.com/hikmah-puasa-ramadhan-hari-ke-1-sampai-ke-30/, dalam kitab Fadhailul Asyhur Ats-Tsalatsah, tentang keutamaan puasa bulan Romadlon adalah sebagai berikut:
HIKMAH PUASA HARI KE-1
Allah SWT mengampuni semua dosa yang tersembunyi dan yang terang-terangan, meninggikan beribu-ribu derajat, membangun lima puluh ribu kota di surga untuk orang yang berpuasa.
HIKMAH PUASA HARI KE-2
Allah SWT mencatat setiap ibadah orang yang berpuasa seperti ibadah satu tahun dan pahalanya seperti pahala seorang nabi.
HIKMAH PUASA HARI KE-3
Allah SWT memberi kepada orang yang berpuasa taman permata yang indah di surga Firdaus, diatasnya dua belas ribu rumah dari cahaya, di bawahnya dua belas ribu tempat tidur dan di setiap tempat tidur ada bidadari, setiap hari seribu malaikat berkunjung dan setiap malaikat membawa hadiah untuk orang yang berpuasa.
HIKMAH PUASA HARI KE-4
Allah memberi kepada orang yang berpuasa surga Khuld, yang didalamnya terdapat tujuh puluh ribu istana dan di setiap istana terdapat tujuh puluh ribu rumah, di setiap rumah terdapat lima puluh ribu tempat tidur dan di setiap tempat tidur terdapat bidadari dan setiap bidadari memiliki seribu perhiasan yang lebih baik dari dunia dan segala isinya.
HIKMAH PUASA HARI KE -5
Allah SWT memberi kalian di surga Al-Ma’wa beribu-ribu kota,setiap kota terdapat seribu rumah, di setiap rumah terdapat seribu meja makan, di atas setiap meja makan tujuh puluh ribu tempat makanan, di setiap tempat makanan tujuh puluh macam makanan yang tidak sama satu dengan yang lain.
HIKMAH PUASA HARI KE-6
Allah SWT memberi kalian di surga Darus Salam seratus ribukota, di setiap kota seratus perkampungan, di setiapperkampungan seratus ribu rumah, di setiap rumah seratus ribu tempat tidur dari emas yang panjang, setiap tempat tidur panjangnya seribu hasta, di atas
tempat tidur terdapat bidadari sebagai pasangan yang berhias dengan tiga puluh ribu perhiasan dari permata putih dan permata merah, dan setiap bidadari membawa seratus pelayan.
HIKMAH PUASA HARI KE–7
Allah SWT memberi kalian di surga Na’im pahala seperti pahala seribu syuhada’ dan empat puluh ribu orang yangbenar. Sumber: Kitab “Fadhâil Al-Asyhur Ats- Tsalâtsah”, tentang  keutamaan bulan Ramadhan secara detail dari hari ke hari
HIKMAH PUASA HARI KE-8
Allah SWT memberi kalian pahala seperti pahala amal enampuluh ribu ahli ibadah dan orang enam puluh ribu orang yang zuhud.
HIKMAH PUASA HARI KE-9
Allah SWT memberi kalian apa yang diberikan kepada seribuulama, seribu orang yang i’tikaf, dan seribu orang yang menyambung tali persaudaraan
HIKMAH PUASA HARI KE-10
Allah SWT memenuhi tujuh puluh ribu hajat, dan memohonkan ampunan untuk kalian matahari,
bulan, bintang-bintang, binatang yang melata, burung, binatang buas, setiap bebatuan dan bongkahan tanah liat, setiap yang kering dan yang basah, setiap binatang di laut dan dedaunan di pepohonan.
HIKMAH PUASA HARI KE-11.
Allah SWT mencatat untuk kalian pahala seperti pahala empat kali orang yang haji dan umrah, setiap yang haji bersama seorang Nabi, dan setiap yang umrah bersama orang yang benar dan yang syahid.
HIKMAH PUASA HARI KE-12
Allah SWT menjadikan bagi kalian keimanan yang dapatmerubah keburukan-keburukan menjadi kebaikan- kebaikan yang berlipat-ganda, dan mencatat bagi kalian setiap kebaikan seribu kebaikan.
HIKMAH PUASA HARI KE-13.
Allah mencatat bagi kalian pahala seperti pahala ibadahpenduduk Mekkah dan Madinah, dan Allah member kalian syafaat sejumlah bebatuan dan bongkahan tanah liat yang ada di antara Mekkah dan Madinah.
HIKMAH PUASA HARI KE-14
Kalian seperti berjumpa dengan Nabi Adam, Nuh, Ibrahim,Musa, Daud dan Sulaiman, dan seperti beribadah kepada Allah bersama setiap Nabi selama dua ratus tahun.
HIKMAH PUASA HARI KE-15.
Allah SWT menunaikan untuk kalian hajat-hajat dunia danakhirat, memberi kalian apa yang diberikan kepada Nabi Ayyub; para malaikat pemikul Arasy memohonkan ampunan untuk kalian, dan pada hari kiamat Allah akan memberi kalian empat puluh cahaya, sepuluh cahaya dari sebelah kanan kalian,sepuluh dari sebelah kiri kalian, sepuluh dari depan kalian, dan sepuluh cahaya dari belakang kalian.
HIKMAH PUASA HARI KE-16
Allah SWT akan memberi kalian pada hari kalian dibangkitkan dari kubur enam puluh pakaian untuk kalian pakai, enam puluh onta untuk kalian kendarai, dan Allah swt mengirimkan awan untuk menaungi kalian dari sengatan panas hari itu.
HIKMAH PUASA HARI KE-17
Allah SWT menyatakan: “sungguh Aku telah mengampunimereka dan bapak-bapak mereka, Aku akan lindungi mereka dari azab hari kiamat.”
HIKMAH PUASA HARI KE-18
Allah SWT memerintahkan malaikat Jibril, Mikail, Israfil,malaikat pemikul Arasy dan Al-Karubin agar memohonkan ampunan untuk ummat Muhammad saw sampai tahun berikutnya, dan Allah SWT memberikan pada kalian pahala para syuhada’ Badar.
HIKMAH PUASA HARI KE-19
Semua malaikat langit dan bumi minta izin kepada Tuhannya untuk berziarah ke kuburan kalian setiap hari, dan setiap malaikat membawa hadiah dan minuman untuk kalian.
HIKMAH PUASA HARI KE-20
Pada suatu hari Allah SWT mengutus kepada kalian tujuh puluh Malaikat untuk menjaga kalian dari setiap setan yang terkutuk; Allah mencatat untuk kalian setiap hari kalian puasa seperti berpuasa seratus tahun; menjadikan parit antara kalian dan neraka; memberi kalian pahala orang yang termaktub dalamTaurat, Injil, Zabur dan Al-Qu’an; Allah mencatat untuk kalian setiap pena Jibril (as) sebagai ibadah satu tahun; memberikan pada kalian pahala tasbih Arasy dan Kursi; dan memberi pasangan untuk kalian setiap ayat Al-Qur’an seribu bidadari.
HIKMAH PUASA HARI KE-21
Allah swt meluaskan kuburan kalian seribu farsakh,menghilangkan dari kalian kegelapan dan kesepian, menjadikan kuburan kalian seperti kuburan para syuhada’, dan menjadikan wajah kalian seperti wajah Yusuf bin Ya’qub (as).
HIKMAH PUASA HARI KE-22
Allah SWT akan mengutus kepada kalian malaikat maut seperti pada para Nabi saw, menyelamatkan kalian dari keganasan malaikat Munkar dan Nakir, dan  menghilangkan dari kalian penderitaan dunia dan akhirat.
HIKMAH PUASA HARI KE-23
Kalian akan melintasi shirathal mustaqim bersama para Nabi, shiddiqin dan syuhada’, dan pahala kalian seperti memberi makanan kepada setiap anak yatim dari ummatku dan seperti memberi pakaian kepada setiap yang telanjang dari ummatku.
HIKMAH PUASA HARI KE-24
Kalian tidak akan keluar dari dunia kecuali kalian melihatkedudukannya di surga;, setiap kalian diberi pahala seribu orang yang sakit, seribu pahala orang yang merantau untuk mentaati Allah, kalian diberi pahala seribu pembebasan dari keturunan nabi Ismail (as).
HIKMAH PUASA HARI KE-25
Allah SWT membangunkan untuk kalian di bawah Arasy seribu menara hijau, di atas setiap menara terdapat kemah dari cahaya, dan Allah Tabaraka wa ta’ala berfirman: “Wahai ummat Muhammad, Aku adalah Tuhan dan kalian adalah hamba-Ku, bernaunglah kalian di bawah Arasy-Ku di menaramenara ini, makan dan minumlah sepuas kalian, jangan takut dan jangan sedih; wahai ummat Muhammad, demikemuliaan dan keagungan-Ku, Aku akan mengirim
kalian ke surga, kalian akan dibanggakan oleh orang- orang yang terdahulu dan yang terakhir, Aku akan memberikan pada setiap kalian seribu mahkota dari cahaya, kendaraan onta yang Kuciptakan dari cahaya, tali kendalinya dari cahaya dan pada tali kendali itu terdapat seribu lingkaran yang terbuat dari emas, dan pada setiap lingkaran berdiri malaikat, dan setiap malaikat memegang tongkat dari cahaya sehingga kalian memasuki surga tanpa dihisab.
HIKMAH PUASA HARI KE-26
Allah swt memandang kalian dengan kasih sayang-Nya,kemudian mengampuni semua dosa kalian kecuali sogokan dan hartanya; Allah swt mensucikan rumah kalian setiap hari tujuh puluh ribu kali dari ghibah dan dusta.
HIKMAH PUASA HARI KE-27
Kalian seperti menolong setiap mukmin dan mukminah,memberi pakaian pada tujuh puluh ribu orang yang telanjang, membantu seribu orang yang menjalin tali persaudaraan; kalian seperti membaca semua kitab yang diturunkan oleh Allah kepada para Nabi-Nya.
HIKMAH PUASA HARI KE-28
Allah SWT menjadikan bagi kalian di surga Al-Khuld seratus ribu kota dari cahaya, memberi kalian di surga Al-Ma’wa seratus ribu istana dari perak; memberi kalian di surga Al-Jalal tiga ratus ribu mimbar (tempat yang tinggi) yang terbuat dari misik, di setiap mimbar seribu rumah dari za’faran
HIKMAH PUASA HARI KE-29
Allah SWT memberi kalian beribu-ribu kediaman dan di setiap kediaman terdapat menara putih, di setiap menara terdapat tempat tidur dari kafur putih dilengkapi dengan seribu permadani dari sutera hijau, di setiap permadani disiapkan bidadari yang dihiasi dengan tujuh puluh ribu hiasan, di kepalanya seribu hiasan dari permata
HIKMAH PUASA HARI KE-30.
Allah SWT mencatat bagi kalian setiap hari sebelumnya pahala seribu suhada’ dan seribu orang yang benar; Allah mencatat bagi kalian seperti beribadah lima puluh tahun; Allah mencatat bagi kalian untuk setiap hari seperti puasa dua ribu hari, dan mengangkat derajat kalian,’’()()
Bagaimana? Menggiurkan bukan?. Hehe… Eits, tapi ingat ya Rekan Rekanita, bukan hanya pahala saja yang dilipatgandakan pada bulan puasa. Namun, segala bentuk perbuatan buruk pun nilinya akan dilipatgandakan. Jadi , tetap hati-hati ya. Senantiasa menjaga diri, baik iffah maupun izzah sebagai manusia. Di tengah ujian pandemi ini, bukan berarti kualits diri menjadi mati, tetap berkontribusi untuk diri sendiri, agama, dan negeri. Ehee,.
Selamat menjalankan ibadah puasa
Penulis : clarista
Editor : triono

COMMENTS

Nama

agenda,12,anak kecil,2,artikel,33,cerita,4,cerpen,6,dakwah,2,doa,1,educare,1,hot,1,Ipnu,11,ippnu,9,kisah,2,konseling,2,kyai,7,literasi,7,lkp,3,madrasah,1,Munajat,1,News,65,opini,3,pelita,2,pesantren,5,puisi,20,puisi news,1,relawan,1,rengkuh literasi,1,Sejarah,11,sekolah,3,Teman,1,terkini,1,update,55,video,1,
ltr
item
Pelajar NU Ponorogo: Keutamaan Puasa Rhamadhan hari 01-30
Keutamaan Puasa Rhamadhan hari 01-30
https://1.bp.blogspot.com/-AHEbr6ehat0/XqO6wmFwicI/AAAAAAAAAOc/mhDg8PVr238j7fxW3TJg_pokFw47i7g0ACLcBGAsYHQ/s400/marhaban.png
https://1.bp.blogspot.com/-AHEbr6ehat0/XqO6wmFwicI/AAAAAAAAAOc/mhDg8PVr238j7fxW3TJg_pokFw47i7g0ACLcBGAsYHQ/s72-c/marhaban.png
Pelajar NU Ponorogo
http://www.pelajarnuponorogo.com/2020/04/keutamaan-puasa-rhamadhan-hari-01-30.html
http://www.pelajarnuponorogo.com/
http://www.pelajarnuponorogo.com/
http://www.pelajarnuponorogo.com/2020/04/keutamaan-puasa-rhamadhan-hari-01-30.html
true
6845738889760422038
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy