Header MCP

Harap menerapkan protokol kesehatan

KOMUNITAS RENGKUH LITERASI HADIR DI TENGAH PANDEMI


Literasi adalah part terpenting dalam suatu kehidupan. Karena sejatinya, literasi sendiri dalam KBBI berarti  kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Nah, dalam KBBI juga literasi memiliki arti lain, yaitu kemampuan dalam membaca dan menulis. Dari hal tersebut sangat jelas, bahwa sebegitu pentingnya literasi dalam kehidupan kita. Juga literasi tidak terlepas dari kegiatan membaca atau menulis. Keberadaan literasi ternyata sangat dirasakan antara ada tidak adanya literasi. seperti yang diungkapkan oleh Rekan Anton Samsuri sebagai ketua PC IPNU Ponorogo bahwa, "Ada faktor fundamental dalam berorganisasi yaitu kualitas organisasi kita, yang dipengaruhi oleh kualitas kader yang kurang kompeten. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? usut punya usut ternyata minat baca tulisnya rendah".

Ungkapan Rekan Anton, merupakan bentuk dukungan atas hadirnya Komunitas Rengkuh Literasi yang diprakarsai oleh Paguyuban Duta Pelajar NU Ponorogo, yang dibawahi oleh lembaga B SCC-LKP PC IPNU-IPPNU Ponorogo. Yang diharapkan dapat menjadi awal menyebarnya virus membaca juga menulis untuk seluruh pelajar NU Ponorogo, lewat postingan di Web juga Sosial Media yang membanjiri linimasa mereka.

Hadir ditengah-tengah pandemi, merupakan tantangan tersendiri bagi komunitas rengkuh literasi. Dimana memulai segala hal lewat virtual. Seperti halnya kegiatan pertama yang dimulai pada tanggal 20 Juni 2020 berupa Diskusi Online "Berliterasi Dengan Fiksi". Selanjutnya aktifitas dari komunitas, semuanya dilakukan dalam bentuk virtual, seperti "Satu Karya Satu Manusia" yang akan di muat dalam web www.pelajarnuponorogo.com setiap hari.

"Adanya komunitas rengkuh literasi di tengah pandemi, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi generasi Z untuk tetap berkarya, peduli dan menghargai akan karya tulis baik secara virtual maupun cetak nantinya. Yang jelas memberikan efek positif bagi setiap individu. So mari jadi generasi Z cinta literasi." Ungkap Zakiya Hannani Wafda sebagai koordinator lembaga LKP PC IPPNU Ponorogo ketika diwawancarai pada tanggal 28 Juni 2020.

 

Dewi Rahmayanti

Komunitas "Rengkuh Literasi"


Posting Komentar

0 Komentar