Header MCP

Harap menerapkan protokol kesehatan

APA PENTINGNYA MANAGEMEN ORGANISASI ?


Usia bukan jaminan sebuah kedewasaan, namun usia menjadi alarm bagi kita untuk seyogyanya terus mengevaluasi dan memperbaiki diri. Genap berusia 67-66 tahun IPNU IPPNU berkiprah dan menjadi organisasi yang besar dengan ribuan bahkan jutaan anggotanya namun seberapa sering kita dihadapkan pada problem lemahnya menejerial organisasi. Tak jarang kita ketahui, pengurus yang merangkap banyak struktur secara fungsi, terlambat mengeksekusi sebuah progam, masa konferensi molor, pun juga ketidaktahuan posisi pengurus ataubahkan kewajibanya. 

Dalam pengelolaan organisasi perlu adanya sebuah pola menejemen yang baik, agar seluruh perencanaan yang tersusun dapat terlaksana dengan baik, serta hambatan selama proses dapat terminimalisir. Pada organisasi menjadi mutlak ada struktur yang jelas dengan pembagian tugas dan kewenangan formal sebagai upaya menggerakkan personil melakukan tugas mencapai tujuan.

Manajemen dan organisasi merupakan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Keberadaan organisasi merupakan wadah bagi manajemen, tetapi manajemen pula yang menentukan gerak dan napas organisasi. Artinya organisasi tidak dapat digerakkan tanpa manajemen dan sebaliknya manajemen hanya dapat diimplementasikan dalam organisasi.

Ada istilah bahwa “cara yang tepat adalah mesin terbaik pada setiap pekerjaan, jadi akan ada metode pekerjaan terbaik dengan orang-orang yang harus mengerjakan pekerjaan tersebut. mempertimbangkan bahwa semua proses pekerjaan dapat dipahami kedalam tugas-tugas dengan metode ilmiah dan menjadi suatu yang mungkin untuk menemukan satu cara terbaik untuk mengerjakan suatu tugas. Maka setiap tugas dilaksanakan kepada bagian-bagian komponen, setiap pembagian waktu, dan bagian –bagian penataan ulang kedalam keadaan metode lebih efisien dari pekerjaan tersebut”.

Lantas bagaimana dengan kondisi organisasi kita, masihkah kita lupa akan posisi dalam struktural, kita yang belum memahami tugas pokok dan fungsinya. Atau mungkin juga kita yang lemah memahami menejemen dan fungsi bahkan penerapanya sehingga kita lemah mengorganisir, mengfungsikan komponen didalam organisasi kita.

Penulis : ASANKA

Posting Komentar

0 Komentar