Header MCP

Harap menerapkan protokol kesehatan

PAC Sooko Sambut Ramadhan Dengan Berziaroh

 

Peserta putra dan putri dalam kegiatan ziaroh makam (foto:MCPNU/Joko)  

MCPNU Ponorogo, So0ko- Minggu, 11/04/2021 Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Sooko mengadakan kegiatan Ziarah makam waliyullah di Kecamatan Sooko, Pudak, dan Pulung. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan untuk mengirimkan do'a kepada leluhur yang sudah meninggal, serta untuk mengenalkan dan mengingat perjuangan tokoh-tokoh auliya yang menyebarkan agama Islam di daerah masing-masing sekaligus menambah kecintaan pada ulama'.

Kegiatan tersebut diikuti oleh pengurus dan anggota PAC IPNU-IPPNU Sooko serta dari beberapa Pimpinan Ranting (PR), bahkan ada beberapa dari masyarakat sekitar. Hal tersebut dibenarkan oleh Wildan Solihin selaku ketua PAC IPNU Sooko. "Selain dari anggota ada beberapa anak dari masyarakat sekitar yang ikut serta" jelasnya.

Tempat ziarah meliputi 3 kecamatan yaitu, Sooko, Pudak, dan Pulung. Perjalanan dimulai pukul 08.30 WIB dan selesai pukul 14.30 WIB. "Rute pertama yaitu makam Mbah Mukarom di Dusun Kalimangu, Desa Sooko, kemudian dilanjutkan ke makam Mbah Muh.Toyyib di Dusun Sumber Desa Sooko. Keduanya adalah tokoh yang menyebarkan agama Islam di Desa Sooko. Dari D├ęsa Sooko lanjut menuju Desa Jurug, Sooko ke makam Mbah Blumbang Segoro, lalu dilanjutkan ke Kecamatan Pudak makam Mbah Sepetaking, Mbah Palang dan Mbah Tumenggung Alap-Alap. Dan yang terakhir di Kecamatan Pulung makam Mbah KH. Fathurrozi dan Hj. Supiah(istri Mbah Fathurrozi) di Gambiran dan Mbah Djayengrono di Pulung Merdiko", ungkap Wildan.

Sebagai salah satu peserta ziarah makam, Novia Wanda Juwitasari mengaku antusias dengan kegiatan ini, "Saya sangat antusias dan semangat, rekan-rekanita yang lain pun juga demikian. Ini merupakan kegiatan yang positif utamanya untuk mengetahui sejarah dakwah Islam di daerah Ponorogo bagian timur ini", jelasnya.

Wanda juga menambahkan terkait harapanya untuk kegiatan ini, "semoga untuk kedepannya kegiatan semacam ini dapat berlanjut tidak hanya satu ataupun dua kali saja karena kelihatannya rekan dan rekanita baik dari PAC ataupun PR sangat antusias dan semangat. Selain itu, menurut saya kegiatan semacam ini juga sangat penting karena sebagai salah satu bentuk birrul walidain pada orang tua yang sudah meninggal", tambahnya.

Setelah ziarah makam, para peserta melanjutkan dengan acara ngopi bersama di warung tengah alas perbatasan Kecamatan Sooko dan Pulung, "ngopi ini penting sebagai sarana meningkatkan solidaritas antar sesama pengurus dan anggota baik PAC IPNU IPPNU Sooko maupun PR lainnya dengan saling diskusi dan bertukar pikiran”, pungkas Wildan.

Penulis : Lutfa Umi

Editor : Joko

Posting Komentar

0 Komentar