Header MCP

Harap menerapkan protokol kesehatan

Jaga Tradisi dan Tali Silaturahim, PAC Balong Gelar Halal Bihalal

Keluarga besar IPNU IPPNU Balong (foto: MCPNU/Tika)

MCPNU Ponorogo, Balong- Masih dalam suasana Lebaran Idul Fitri 1442 H, terdapat berbagai macam tradisi yang selalu dilakukan umat muslim di hari kemenangan ini khususnya di Indonesia. Ibadah shalat Ied bersama-sama di masjid, berziarah kubur, hingga berkumpul bersama keluarga dan menyantap hidangan makanan lezat. Tidak heran, jika lebaran menjadi momen yang selalu penuh kehangatan dan kegembiraan. Selain itu, halal bihalal juga menjadi tradisi yang selalu melekat setiap perayaan hari raya Idul Fitri.

Seperti halnya Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU Kecamatan Balong yang sukses menggelar kegiatan yang bertajuk Halal Bihalal berkolaborasi dengan Alumni KPM-DR Balong 2020 IAIN Ponorogo pada hari Sabtu (22/05/21) di kediaman rekanita Rikha dan Risya yang berlokasi di Desa Karangan Kecamatan Balong.

Kegiatan halal bi halal tersebut diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari pembukaan, sambutan-sambutan hingga saling berbagi maaf. Setelah itu dilanjutkan Nahdlatu At-Thullab dan Pembacaan Maulid Shimthutdurror yang diiringioleh group habsyi se-kecamatan Balong.

Tamu yang hadir dalam kegiatan tersebut ada sekitar 40 orang yang meliputi alumni kpm-dr IAIN Ponorogo 2020 dan pengurus PAC Balong. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar serta tetap mematuhi protokol kesehatan (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak).

Mengingat pada sejarah terdahulu bahwa Halal bi halal pertama kali dicetuskan oleh KH. Wahab Chasbullah pada tahun 1946. Tentang diskusi antara Bung Karno dengan KH. Wahab Chasbullah. Sehingga menjadi Asbabun Nuzul, lahirnya istilah Halal bi Halal pasca kemerdekaan yang diinisiasi oleh Bung Karno.

Sementara itu Rekan Rifai selaku Ketua PAC IPNU Balong menjelaskan, saling memaafkan itu tidak selalu saat Lebaran Idul Fitri saja dan tidak selalu terucap. Akan tetapi sebagai manusia harus bisa saling memaafkan satu sama lainnya di setiap saat.

Salah satu perwakilan Alumni KPM-DR rekan Gianto mengungkapkan, momentum Lebaran ini digunakan untuk lebih memperkuat dan mempererat tali silaturahmi antara Alumni KPM-DR IAIN Ponorogo 2020 dengan PAC IPNU IPPNU Balong agar bisa semakin rekat tali silaturahminya.

Foto bersama Alumni KPM DR IAIN PO di halaman rumah (foto: MCPNU/Tika)
“Saya turut mengucapkan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin bagi seluruh alumni kpm-dr IAIN Ponorogo 2020 dan Pengurus IPNU IPPNU Balong. Terima kasih banyak sudah membantu mesukseskan dan turut berpartisipasi. Semoga menambahkan amal ibadah kita semua dan semakin erat silaturahminya," pungkas rekanita Rikha (selaku tuan rumah) dan di akhir acara ditutup dengan foto bersama didepan kediaman rekanita Rikha dan Risya.

Penulis : Riska Azizah

Editor : Dewi

 

 

 

 

 

 














 

Posting Komentar

0 Komentar