Header MCP

Harap menerapkan protokol kesehatan

Lakmud Zona Kawedanan : "Cetakan" Kader Militan dan Cekatan

Peserta dan panitia Lakmud kawedanan Sumoroto (foto: MCPNU/Nadia)


MCPNU Ponorogo, Sampung- Latihan Kader Muda (Lakmud) merupakan latihan tahap kedua kaderisasi setelah Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). "Para kader pelajar nantinya perlu mengimbangi ilmu pengetahuan dengan life skill sehingga dapat mengembangkan dirinya secara maksimal.

"Hal itu diungkapkan oleh Ketua Tanfidziyah MWC NU Sampung, Bapak Trisono dalam sambutannya pada pembukaan Lakmud Kawedanan Somoroto 2021, Jumat (18/6) pagi.

Pembukaan Lakmud ini bertempat di Gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Karangwaluh, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo. Lakmud ini merupakan realisasi gagasan Departemen Kaderisasi PC IPNU-IPPNU Ponorogo yang berkolaborasi dengan  kelima kawedanan di Kabupaten Ponorogo, dimana salah satunya yakni Kawedanan Somoroto.

Dengan tema "Aswaja Sebagai Spirit Gerakan Kader Muda dalam Merespon Akselerasi Zaman Guna Terciptanya Organisasi yang Sitematis dan Progesif", pelatihan ini perlu dan akhirnya dilaksanakan oleh segenap panitia dari jajaran Ketua, Departemen Kaderisasi, serta perwakilan pengurus dari PAC IPNU-IPPNU se-Kawedanan Somoroto.

Forum diskusi dalam kegiatan lakmud (foto : MCPNU/Nadia)

Pelaksanaan Lakmud ini dijadwalkan empat hari, Jumat-Senin, 18-21 Juni 2021. Serangkaian materi telah disiapkan. Para pemateri yang sangat mumpuni di bidangnya telah dihadirkan dan menyampaikan kepada peserta yang antusias memperhatikan serta memahaminya. Tidak berhenti sampai sini, pelatihan ini akan berlanjut pada Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang telah disepakati ataupun pengkaderan non-formal lainnya sesuai kebutuhan setiap PAC yang didelegasikan.

Interaksi panitia dan peserta lakmud (foto : MCPNU/Nadia)

Selama kegiatan, Instruktur Cabang memandu dan memantau peserta dengan penuh perhatian dan pelayanan. Sehingga ketika adanya penyampaian materi dan focus group discussion (FGD) peserta kader terus digerakkan agar terbiasa fokus, aktif, serta berfikir kritis-transformatif dalam forum yang berlangsung, baik saat sesi tanya-jawab maupun bentuk diskusi semacamnya.

Dalam sambutan pengukuhan kader (21/6) malam, Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) Kabupaten Ponorogo, Anton Samsuri, mengatakan bahwa pelaksanaan Lakmud ini untuk menciptakan SDM unggul yang mampu meningkatkan potensi secara maksimal dan sebagai kelanjutan lahirnya kader muda pelajar NU yang bertujuan untuk menghasilkan kader militan, serta berjiwa loyalitas terhadap organisasi. 

Penulis : Nadia

Editor : Ihsan





 

Posting Komentar

0 Komentar