Header MCP

Harap menerapkan protokol kesehatan

Mari Memaknai ASEAN

Pamflet greeting PC IPNU IPPNU Ponorogo untuk hari jadi ASEAN ke- 54 (foto: MCPNU/Imam B)

MCPNU Ponorogo- Seperti biasanya, rasanya kurang afdal apabila memperingati hari bersejarah tanpa memetik pelajaran dari peristiwa yang ada di dalamnya. Dan seperti biasanya juga, admin mengulas H+1 dari hari peringatannya, the power of jam karet. Baiklah, untuk pekan ini kita akan mengulas bersama peristiwa bersejarah yakni hari dimana berdirinya sebuah  himpunan multinasional khususnya di kawasan Asia Tenggara bernama ASEAN (Associaton of Southeast Asian Nations) pada tanggal 8 Agustus 54 tahun yang laluSiapa saja member dari ASEAN? Apa fungsi dari ASEAN? berikut akan kita pelajari bersama mengenai organisasi bernama ASEAN ini, salam pelajar ! semangat belajar!

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara) atau lebih populer dengan sebutan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Perbara oleh IndonesiaMalaysiaFilipinaSingapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan kestabilan di tingkat regional, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

ASEAN meliputi wilayah daratan seluas 4,46 juta km² atau setara dengan 3% total luas daratan di Bumi, dan memiliki populasi yang mendekati angka 600 juta orang atau setara dengan 8.8% total populasi dunia. Luas wilayah laut ASEAN tiga kali lipat dari luas wilayah daratan. Pada tahun 2010, kombinasi nominal GDP ASEAN telah tumbuh hingga $1,8 triliun. Jika ASEAN adalah sebuah entitas tunggal, maka ASEAN akan duduk sebagai ekonomi terbesar kesembilan setelah Amerika SerikatTiongkokJepangJermanPrancisBrasilInggris, dan Italia.

Untuk saat ini jumlah anggota dari ASEAN terdapat 10 negara meliputi, Indonesia, Malaysia, Brunei, Thailand, Vietnam, Kamboja, Laos, Singapura, Kamboja, Myanmar dan Filipina. Sedangkan untuk perluasan keanggotaan terdiri dari 5 negara yaitu Timor Leste, Taiwan, Papua Nugini, Palau dan Bangladesh.

Dalam organisasi ini terdapat beberapa prinsip yang dijadikan pedoman/ petunjuk untuk menjalankan putaran roda organisasi tentunya berdasarkan prinsip win-win (saling menguntungkan). Uraiannya sebagai berikut :

·         Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas wilayah nasional, dan identitas nasional setiap negara,

·         Hak untuk setiap negara untuk memimpin kehadiran nasional bebas daripada campur tangan, subversif atau koersi pihak luar,

·         Tidak mencampuri urusan dalam negeri sesama negara anggota,

·         Penyelesaian perbedaan atau perdebatan dengan damai,

·         Menolak penggunaan kekuatan yang mematikan,

·         Kerja sama efektif antara anggota.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai organisasi ASEAN. Apa pelajaran yang bisa kita ambil? Langsung saja isi di kolom komentar.


Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Perhimpunan_Bangsa-Bangsa_Asia_Tenggara 

Editor : Iput 

 

 

 

  



Posting Komentar

0 Komentar