Header MCP

Harap menerapkan protokol kesehatan

Peringatan Hari 'Kidal' Internasional, Untuk Apa?

 

Poster Ucapan Hari 'Kidal' Internasional PC IPNU IPPNU Ponorogo (foto: MCPNU/Imam)

MCPNU Ponorogo- Kembali lagi ke artikel yang membahas tentang sejarah, keunikan dan nilai dari sebuah peringatan hari besar. Untuk kali ini kita akan membahas serta belajar bersama pada peringatan hari 'kidal' dunia. Selamat membaca, salam pelajar! Semangat belajar!

Semua makhluk hidup di muka bumi adalah spesial, tak terkecuali makhluk yang bernama manusia. Setiap manusia adalah spesial, setiap mereka memiliki keahlian, kesenangan hingga kebiasaan yang cukup beragam. Salah satu kebiasaan dari sebagian manusia yang cukup familiar adalah beraktivitas sehari-hari dengan tangan kiri atau biasa disebut dengan istilah 'kidal'. Populasinya sendiri sudah menyentuh angka 7-10 % dari penduduk bumi.    

13 Agustus 1976 merupakan kali pertama hari kidal diperingati. Namun di tahun ke-21, barulah  peringatan hari kidal baru dideklarasikan secara resmi oleh Left Handers Day Club, tepatnya  pada 13 Agustus tahun 1997. Tidak jauh dari nama peringatannya, hari kidal ini diperingati dalam rangka untuk mempublikasikan kesadaran kolektif akan ketidaknyamanan para pengguna tangan kiri terhadap objek serta alat yang rata-rata di desain untuk pengguna tangan kanan. 

Cara yang paling elegant untuk menyikapi hal tersebut adalah para pengguna tangan kiri mulai beradaptasi terhadap alat dan objek yang didesain untuk pengguna tangan kanan. Salah satu objek  yang paling 'kalsik' adalah teknik menulis di kertas (dari kiri ke kanan). 

Namun jangan salah, dibalik kesulitan-kesulitan yang mereka alami terdapat tokoh-tokoh dunia yang  'kidal' tetapi memiliki bakat dan prestasi yang luar biasa. Mereka adalah Barack Obama (mantan Presiden AS), Mark Zuckerberg (pendiri FB) hingga Justin Bieber (penyanyi POP kelas dunia). 

Jadi kesimpulannya, kidal bukanlah penghambat bagi seseorang untuk mencapai cita-citanya. Hal itu dibuktikan dengan lahirnya tokoh-tokoh dunia yang juga termasuk dalam golongan kidal. Mereka bisa mencapai cita-cita mereka dengan bantuan tangan kidalnya. 


Sumber : Wikipedia

Penulis : Iput 

Editor : Dewi          

Posting Komentar

0 Komentar