Strategi PAC IPPNU Pudak Berdayakan Pelajar Putri NU

Peserta rutinan pembacaan tahlil dan Yasiin PAC IPPNU Pudak (Foto: MCPNU/Endang)

MCPNU Ponorogo- Ketika memasuki malam Jumat, ada banyak macam amalan yang dikerjakan oleh masyarakat. Salah satu amalan yang dikerjakan oleh masyarakat ketika malam Jumat tiba adalah pembacaan tahlil dan Yasiin. Demikian juga yang dilakukan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPPNU Kecamatan Pudak. Pengurus dan keluarga besar PAC IPPNU Pudak kompak menjalankan rutinan pembacaan tahlil dan Yasiin.     

Rutinan pembacaan tahlil dan Yasin ini memiliki beberapa latar belakang, selain melestarikan amaliyah Nahdlatul Ulama (NU), juga sebagai bentuk pelatihan menjadi pemimpin tahlil bagi pelajar putri untuk kelak dapat bermanfaat di tengah-tengah masyarakat. Dengan adanya rutinan ini diharapkan pelajar putri mempu belajar, meningkatkan kepercayaan diri dan tentunya sebagai upaya meningkatkan amal ibadah. 

Selain itu, untuk membatu para anggota IPPNU dalam belajar berbicara di depan umum dan melatih kepercayaan diri, maka di dalam rutinan ini juga terdapat pembawa acara yang diisi oleh pengurus dan anggota PAC IPPNU Pudak. Program ini diselengarakan 2 minggu sekali, disela-sela rutinan Nahdlatul At-Tullab. Kegiatan ini dilakukan secara anjangsana (berpindah-pindah) dengan sistem undian terkait penugasan sebagai pemimpin tahlil, pembawa acara hingga tuan rumah. Sedangkan untuk pelaksanaan diberikan opsi pilihan hari Jumat, Sabtu dan Minggu karena menyesuaikan dengan jadwal anggota yang rata-rata masih usia sekolah dan kuliah.

Pada penghujung kegiatan, biasanya dilakukan diskusi terkait PAC dan melakukan permainan ringan (ice breaking) untuk mencairkan suasana. Dari hal ini diharapkan akan muncul berbagai inspirasi, saran dan kritik untuk meningkatkan kualitas organisasi serta sumber daya manusia (SDM) di dalamnya.

Penulis: Endang Setyawati

Editor: Iput

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama