Geliat PAC Jambon dengan Menggelar Upgrading


Pengurus PAC IPNU-IPPNU Jambon saat menerima materi dari Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Jambon (foto: MCPNU/Nafissira)

Jambon, MCPNU Ponorogo

Pengurus Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kecamatan Jambon  menggelar program upgrading di aula Joko Tingkir Desa Krebet, Kecamatan Jambon, Ahad pagi (27/03).


Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU Kecamatan Jambon, Zenny Mustaqim menjelaskan, upgrading merupakan kegiatan awal pembekalan kepengurusan yang berguna untuk orientasi pada jati diri tiap individu terhadap lokomotif  organisasi yang akan mempengaruhi keterlibatannya terhadap kontinuitas (keberlangsungan) organisasi Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Jambon masa khidmat 2022-2024.


Pengurus PAC IPNU Jambon saat menyanyikan lagu Syubbanul Wathon (foto: MCPNU/Nafissira)


"Dalam momentum upgrading kali ini, salah satu poin penting yang harus dipahami oleh para pengurus yaitu sikap kesadaran (peka) dan kritis terhadap pola pengembangan organisasi secara konsep besar, tidak hanya sebatas disuguhkan dengan hal yang itu bersifat teknis saja. Sebagai pelajar, harus bisa mengembangkan organisasi maupun kader yang ada didalamnya, mampu menganalisis berbagai macam masalah dan menentukan sikap sebagai solusi dari masalah yang dihadapi. Dengan demikian, diharapkan garis besar pencanangan program kerja akan diikuti oleh seluruh pengurus dan bisa berjalan dengan masif," Ucap Zenny kepada jurnalis MCPNU Jambon.


Materi yang disajikan dalam agenda upgrading PAC IPNU-IPPNU Jambon adalah Management Organization (MO) dan Historical. Pemateri management organization (MO), Anton Samsuri menyampaikan mengenai cara mengelola organisasi yang efektif dan efisien.  

"Antara struktural dan kultural perlu diseimbangkan, karena setiap desa (ranting) memiliki tipikal tertentu yang menjadi keunikan tersendiri. Utamakan sering sowan, perbanyak literatur dan perlu ditirakati," tuturnya. 

Anton Samsuri saat menyampaikan materi kepada para peserta upgrading (foto: MCPNU/Nafissira)


Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor Jambon, Amroni menyampaikan 'wejangan' kepada para peserta, "dadio pengurus sing entengan, anggone ndandani awak ing sajroning NU. Mugo-mugo awake dewe diakoni santrinipun Mbah Hasyim Asyari (jadilah pengurus yang ringan tangan dermawan, dalam rangka membenahi diri di dalam NU. Semoga kita diakui menjadi santrinya KH. Hasyim Asyari )," tuturnya. 


Turut hadir dalam kesempatan itu domisioner  PAC IPNU Jambon masa khidmat 2019-2021, Puput Saputra yang turut memberikan semangat dan bercerita beberapa pengalaman selama kepengurusannya kepada seluruh pengurus baru PAC IPNU-IPPNU Jambon.





Redaksi: Nadia 

Editor: Bintu Syam

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama