Yeni Nadila, Pelajar NU Ngebel Juarai Kompetisi MEA 2022


Ket. Foto: Yeni Nadila bersama tim dan guru pembimbing (Yeni Nadila/MCPNU)

Ngebel, MCPNU Ponorogo 


Nama lengkapnya Yeni Nadila Hartiningtiyas, salah satu Kader IPPNU Ngebel berhasil meraih prestasi bersama Tim nya yang bernama Fantastic Team dalam ajang kompetisi MEA (Madani Entrepreneur Academy) 2022 yang diadakan oleh PT Permodalan Nasional Madani (PNM) yang bekerja sama dengan Micro Madani Institute (MMI) di Menara PNM Jakarta selatan, Senin-Rabu (12-14/9/2022).


Salah satu pelajar SMKN 1 Ponorogo ini berhasil meraih Juara 1 dari 4 tim (2 tim dari Singaraja Bali, 1 tim dari Bandung dan 1 tim dari Trenggalek) serta mampu menyisihkan 242 tim dari perwakilan 95 Sekolah dan 14 Provinsi se-Indonesia.


"Sangat tidak menyangka saya dan tim bisa mendapat juara 1 MEA 2022 tingkat Nasional, dan saya yakin ini bagian dari doa saya yang perlahan Allah kabulkan dan dengan rezeki ini dapat membantu masa depan kami dan membawa nama baik sekolah serta membanggakan orang tua dan juga teman-teman," katanya.

 

Ketua Ranting IPPNU Gondowido menjelaskan, inovasinya membuat sabun sari greenwash, yang merupakan sabun cuci piring dan probiotik yang ramah lingkungan, yang juga termasuk dalam kategori bisnis prodak kesehatan rumah tangga.


"Kami berpikir prodak apa yang sekiranya ramah lingkungan dan dapat mengurangi limbah detergen yang ada di ponorogo, yang dapat menjaga kelestarian lingkungan," terangnya.


Ia menjelaskan, mayoritas masyarakat ponorogo memiliki mata pencaharian sebagai petani sehingga banyak pemukiman yang dekat dengan lahan pertanian dan sungai. 


"Kami tidak ingin limbah detergen terus mengalir dilingkungan sekitar karena dapat menecmari lingkungan maka dari itu prodak kami hadir untuk mencegah kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh limbah detergen," pungkasnya.


Penulis: Ndlhrt

Editor: Bintu Syam 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama